Wednesday, December 17, 2008

hari ini ke dan di jakarta

hari ini aku pulang ke jakarta menggunakan pesawat garuda penerbangan pukul 6.00 pagi (setelah melakukan perjuangan mendapatkan tiket, karena tiket pesawat surabaya-jakarta dengan garuda full booked). ada rasa syukur tidak jadi menuju ke jakarta senin sore, karena ternyata surabaya mengalami hujan badai.

aku di jemput oleh temanku pukul 4.30 pagi (terlambat 1 jam dari jadwalnya menjemputku), dengan perasaan sedikit kesal, aku masuk ke dalam mobil avanza-nya. dengan omelan, "kalau mau telat, kenapa ga sms sih??". dan dia membela dirinya dengan alasan terlalu asik mengobrol dengan temannya yang sudah lama tak bertemu, serta obrolan itu pun menyangkut diriku. akhirnya luluh perasaan kesalku dengan ceritanya yang dapat membantuku dalam mengais rejeki.

saat boarding, aku terkejut karena untuk masuk ke dalam pesawat, para penumpang tidak melalui belalai gajah, namun harus naik bus terlebih dahulu dan pesawat yang hanya berupa boeing 737-300...yah, yang penting faktor keselamatan tetap menjadi yang utama...hanya butuh 5menit setelah tinggal landas, aku langsung tertidur pulas...hingga saat mendarat tiba, aku baru terbangun. sehingga aku melewatkan kesempatan meminum minuman yang ditawarkan oleh garuda (sedikit merasa sedih karena tidak bisa memanfaatkan fasilitas).

setelah landing dan mengambil bagasiku (yang cukup berat, karena titipan orang tua), aku membeli tiket bus damri tujuan Blok M. ini kali pertama aku menggunakan bus damri, sehingga wajar aku bertanya pada penjual tiketnya dimana aku harus menunggu bus tersebut. akan tetapi jawaban yang kudapatkan bernada sangat ketus, sangat tidak sopan bagi penjual tiket bus damri berlaku seperti itu. (mana pelayanan terbaik yang bisa didapatkan oleh masyarakat dari transportasi publik?). sekitar 45 menit aku harus menunggu bus damri ini. ketika menunggu, 2 orang wanita bertanya tujuanku dan asalku. dan nada bicara mereka yang terkesan sengak (terutama wanita yang lebih muda), membuatku jengah. namun aku sadar bahwa begitulah logat mereka sebagai suku tertentu, sehingga tidak terlalu ku ambil pusing. dengan sedikit kekhawatiran akan tidak adanya bus jurusan Blok M aku tetap menunggu..untunglah di detik-detik terakhir puncak kekhawatiranku, bus damri jurusan Blok M itu pun datang. dan entah kekuatan dan kesigapan dari mana, aku menaiki bus itu seakan aku sudah sering menaikinya. setelah menelpon abangku untuk meminta di jemput di Blok M Plaza dan telepon dari 'ling', aku tertidur pulas dan terbangun karena telepon dari abangku menanyakan aku telah sampai dimana.

setibanya aku di pelataran Blok M Plaza, tempat berhentinya bus damri, aku tetap harus menunggu 10 menit sebelum abangku datang dengan motornya. perjalanan dengan motor yang melelahkan karena aku mengantuk dan juga debu yang menempel sehingga wajahku terasa begitu kotor dan tebal oleh debu. sampai di rumah aku langsung mandi dan makan karena 2 orang temanku akan menjemputku pukul 10.30. dan untunglah aku siap tepat ketika mereka menjemputku.

kedua temanku semenjak sma ini benar-benar menghiburku dan membuang rasa kantuk. seorang pria dan seorang wanita...kami tertawa dan bercanda bersama, meski ada masa kami akan serius mengenai masalah yang menyangkut salah satu dari kami. sebuah konsep diri yang kabur, sehingga membuat proses pendewasaan terhambat. bahwa kita lah yang paling berhak menentukan hidup kita.

setelah bersama sesiangan dengan mereka berdua, aku kembali ke rumahku dan mendekam di kamarku tercinta dan laptop kesayangan...hingga detik ini

1 comment:

toyetteblung said...

so, ye'r in jakarta rite now..